Sejarah Google SEO - dari Backrub menjadi Google

Belajar SEO Blogspot - SEO selalu menjadi ulasan para webmaster dan blogger yang paling seru sepertinya pembahasan SEO tak kunjung sepi dari waktu ke waktu kian ramai diperbincangkan. Baiklah jika pada pembahasan sebelumnya Blog Majalengka telah mengulas tentang 'pengenalan dasar Ilmu SEO' maka tema kali ini akan membahas point tentang Sejarah Google SEO - dari Backrub menjadi Google.

Sejarah Penggunaan Istilah SEO

sejarah SEO
Penggunaan istilah SEO dimulai pada 1997
Sejarah penggunaan istilah SEO pertamakali digunakan sekitar 15 tahun yang lalu atau tepatnya 26 Juli 1997 berawal dari sebuah pesan spam yang diposting pada Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari (search engine) masih sederhana dan belum begitu kompleks. Bagaimana mesin pencari menentukan alogaritme pencarian kala itu? Meta tag dan kode html suatu web/blog yang dijadikan rujukan berisi tentang kumpulan keyword/kata kunci tertentu yang tertanam pada suatu halaman web tapi sayang pada masa itu mesin pencari masih bisa dimanipulasi sehingga banyak para webmaster menuliskan kata kunci yang benar-benar tidak relevan berkaitan dengan content sehingga dengan demikian search engine akan salah menempatkan posisi dan memberikan peringkat terhadap situs tersebut, tentunya hal ini berdampak buruk dalam hasil pencarian karena menyebabkan kerugian terhadap mesin pencari itu sendiri ataupun pengguna internet yang ingin mendapatkan informasi relevan dan berkualitas.

Solusi Backrub dengan alogaritma Page Rank

backrub hadir sebelum GOOGLE
backrub mesin pencari sebelum google
Hasil pencarian oleh search engine yang buruk (masih bisa dimanipulasi oleh webmaster) telah menggugah 2 orang mahasiswa doktoral universitas  Stanford yakni Larry Page dan Sergey Brin untuk mencari solusi pemecahan kasus tersebut akhirnya mereka berhasil membangun sebuah search engine sederhana bernama Backrub dengan mengandalkan kalkulasi ilmu matematika dalam menentukan peringkat halaman web. Nama alogaritma yang digunakan saat itu adalah Page Rank yakni sebuah fungsi matematika yang kompleks berupa campuran antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web beserta analisis terhadap kualitas setiap link.

Google Bentuk Penyempurnaan dari Backrub

hasil pencarian google lebih relevan terhadap kata kunci

2 mahasiswa doktoral dari universitas Stanford ini kemudian berusaha meningkatkan kinerja Backrub mesin pencari ini supaya lebih sempurna agar bisa mendapatkan kepercayaan publik dari pegguna internet. Akhirnya pada tahun 1998 barulah mereka berhasil menciptakan mesin pencari raksasa bernama GOOGLE sebagai upaya penyempurnaan tingkat lanjut dari versi sebelumnya, walhasil mesin pencari GOOGLE pun mendapatkan respons yang positif dari publik terutama para pengguna internet karena terbukti GOOGLE mampu menampilkan hasil pencarian yang relevan dan berkualitas sesuai dengan kata kunci yang diincar kini search engine tidak bisa dimanipulasi lagi oleh para webmaster dengan membuat rangkaian kata kunci yang tidak sesuai dengan content situs.

Google Page Rank Penentu Posisi Halaman Website

Pada masanya prestasi page rank yang diberikan oleh google kepada suatu web tertentu sangat besar pengaruhnya dalam  menentukan posisi sebuah situs  dalam hasil pencarian, semakin tinggi page rank sebuah website maka semakin bagus juga posisi yang akan didapatkan dalam search engine sehingga metode yang lebih banyak digunakan adalaah teknik SEO off page yaitu dengan meningkatkan jumlah link yang berkualitas. Lain dulu lain sekarang perjalanan alogaritma google dari waktu ke waktu selalu berubah ubah terus ditingkatkan menyesuaikan dengan kondisi yang sedang berkembang. Jika alogaritma google dulu lebih menekankan page rank sebagai patokan tolak ukur dalam menentukan posisi sebuah situs untuk hasil pencarian maka sekarang sudah tidak berlaku lagi. Perkembangan terbaru dari Google Panda lebih ketat lagi kini google tidak hanya melirik kepada page rank ataupun jumlah backlink dari suatu situs tapi lebih mementingkan kualitas kontent dan kualitas backlink untuk persaingan pada SERP, Google 2012 telah banyak menendang situs-situs yang indispliner dengan menurunkannya dari posisi halaman atas bahkan sampai memberikan bane. Sekian tentang Sejarah Google SEO - dari Backrub menjadi Google