Riset Keyword - Cara Ampuh Memilih Kata Kunci yang Tepat untuk Blog

Keyword atau kata kunci merupakan salah satu faktor dasar yang teramat penting sangat besar pengaruhnya untuk bisa bermain di SERP (search engine rank optimization page) para pakar SEO sudah setuju tentang hal ini, pemilihan keyword yang tepat tentunya akan sangat membantu blog untuk bisa menduduki posisi yang bagus di halaman pertama pada hasil pencarian search engine. Bagaimana cara menentukan dan memilih keyword yang tepat sesuai dengan apa yang akan dibidik?

Blog Majalengka | Riset Keyword - Cara Ampuh Memilih Kata Kunci yang Tepat untuk Blog apa yang harus dilakukan seorang blogger untuk bisa mendapatkan posisi yang bagus pada SERP? seberapa pentingkah peran keyword suatu blog di mata search engine? mengapa blog harus menentukan keyword yang tepat sesuai dengan content yang ada? Kali ini blog majalengka ingin belajar SEO blogspot lebih serius lagi khususnya tentang penerapan kata kunci yang telah banyak diperbincangkan oleh para pakar ahli SEO diyakini sebagai salah satu upaya untuk menyukseskan blog agar bisa nongkrong di page one.

Riset Keyword Secara Manual atau menggunakan Tool

riset keyword blog majalengkaRiset keyword merupakan langkah awal sebagai permulaan sebelum mengoptimasi situs lebih jauh lagi lagi hal ini sudah lazim dan banyak dibahas oleh para pakar SEO. Bahkan ada yang menyarankan sebaiknya riset keyword dilakukan sebelum membuat blog sehingga nama domain itu sendiri nantinya bisa disesuaikan dengan content blog, title dan description. Upaya dalam menentukan keyword yang tepat harus benar-benar dilakukan secara matang jangan terburu-buru agar mendapatkan hasil yang optimal.

Riset Keyword Secara Manual atau menggunakan Tool

Ada banyak cara dan fasilitas untuk melakukan riset keyword bisa dengan menggunakan tool seperti google adWords atau bisa dilakukan secara manual, tujuan dari riset keyword tidak lain adalah upaya untuk mendapatkan kata kunci yang tepat agar bisa menembus posisi dengan kata kunci yang diinginkan. Dalam hal ini Blog Majalengka akan menggunakan cara manual untuk melakukan riset keyword.

 Keyword Targetted

Dalam menentukan keyword sobat harus mempunyai target khusus yang lebih spesifik terhadap content blog atau disebut targetted keyword. Bagaimana cara menentukan keyword targetted ? contoh kecil blog majalengka ingin menjual produk 'badut' maka keyword yang akan dipilih adalah jual kostum badut | Jasa Badut Ultah | Jual Baju Badut dan lain sebagainya. Supaya lebih spesifikasi lagi bisa menambahkan target pasar atau membidik siapa dan dimana konsumen yang akan diincar dengan menyebutkan nama tempat/lokasi atau nama kota. Contoh keyword targetted menjadi seperti berikut badut jakarta | badut bandung | kostum badut surabaya dll. Variasi kata kunci sangat diperlukan sehingga keyword lebih spesifikasi terhadap content blog, contoh diatas adalah variasi kata kunci targetted yang dihubungkan dengan nama kota. Sobat juga bisa coba menggabungkan kata kunci dengan kata yang menarik dan menggelitik seperti kata kata murah, profesional, terpercaya, berkualitas, harga miring dll. Semua itu dilakukan untuk memberikan kesan spesifik atau khas berbeda dari web lainnya serta untuk menarik minat customer sehingga diharapkan search engine dapat memberikan posisi yang bagus ketika ada user yang mencari informasi pada search engine. Contoh penggabungan keyword umum dan keyword targetted  jual badut murah | kostum badut bandung | jual badut berkualitas dll.

General Keyword

Dalam memilih dan menentukan keyword tentunya setiap blogger memiliki tujuan dan kebutuhan yang berbeda sehingga tidak harus menggunakan targetted keyword adakalanya General keyword mungkin lebih tepat bagi sobat. Contoh dari general keyword beli badut | jual badut | kopi luwak | cari kursi dll. Sobat bisa mencobanya dengan menggabungkan kata kunci dengan variasi tersendiri hal ini mungkin akan terasa sulit bagi newbie seperti blog majalengka yang baru belajar SEO blogspot namun jika hal ini sering dilakukan, insyallah akan terbiasa karena tetap saja insting dan analisis yang akan mendukung semua ini. Cara riset keyword secara manual ini cukup mudah dan instant tidak memerlukan software atau tool apapun, untuk mencobanya searching keyword pada google, bisa sobat ketikan pada kotak mesin pencari dengan mengetikkan beberapa keyword yang diinginkan kemudian lakukan analisis dari halaman pertama hingga halaman 2 seberapa banyak compatitor/pesaing? japakah yang muncul pada hasil pencarian adalah website, postingan iklan atau postingan forum? jika yang muncul lebih banyak url postingan iklan atau forum maka peluang sobat untuk bersaing akan lebih mudah dibandingkan dengan url website yang muncul.

Prioritas Keyword

Setelah mendapatkan keyword yang tepat maka gunakanlah 3 keyword utama saja kemudian saring kembali lalu tentukan keyword yang akan dijadikan prioritas keyword utama. Contoh jual badut murah | kostum badut bandung | jual badut berkualitas dari 3 keyword utama tersebut blog majalengka cenderung lebih memilih 'jual badut murah' sebagai prioritas keyword dengan asumsi bahwa harga badut yang begitu mahal akan lebih menarik minat customer bila dibubuhkan kata 'murah'. Tiga keyword ini merupakan keyword utama yang akan diletakkan pada title blog bukan pada tag keyword sehingga besar harapan ketiga keyword utama hasil analisis tersebut bisa masuk pada urutan 1 (page 1) dan 20 jika sudah berhasil maka sobat bisa menambahkan keyword baru sebagai keyword turunan yang sesuai dengan content blog, atau tidak perlu ditambah jika posisi memang sudah benar - benar mantafh. Mengapa hanya 3 keyword saja yang digunakan pada title tag??? apa sebenarnya title tag? insyallah akan blog majalengka bahas pada postingan selanjutnya sementara ini cukup dulu sampai disini tentang Riset Keyword - Cara Ampuh Memilih Kata Kunci yang Tepat untuk Blog

riset keyword secara manual
contoh hasil riset keyword secara manual